Monday, July 2, 2012

Lomba Pengembangan Aplikasi

Deksripsi Lingkup

Lomba ini ditujukan untuk menguji kreatifitas ide/gagasan, serta kemampuan dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan gagasannya dalam bentuk rancangan dan implementasi aplikasi perangkat lunak. Tema lomba ini adalah “pengembangan aplikasi TIK untuk kemandirian bangsa”, sehingga perangkat lunak yang dilombakan diharapkan memberikan dampak sosial yang besar terhadap pembangunan kemandirian bangsa. Domain problem yang diselesaikan antara lain, tetapi tidak terbatas pada, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, pertanian dan kelautan, kepariwisataan, sumber daya alam.


Kriteria


  1. Originalitas ide
  2. Relevansi dengan kondisi bangsa saat ini
  3. Dampak sosial/ekonomi
  4. Sustainability penerapan aplikasi
  5. Kualitas rancangan dan implementasi aplikasi
  6. Kemampuan presentasi dan menjawab pertanyaan juri

Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah mahasiswa program diploma atau sarjana di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang pada saat pendaftaran masih berstatus resmi sebagai mahasiswa.
  2. Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 2-3 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang ketua Tim.
  3. Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  4. Peserta yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur tanpa pemberitahuan.

Persyaratan Karya


  1. Aplikasi dapat dikembangkan dari tugas kuliah yang terkait dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi yang diikuti anggota tim kontestan.
  2. Aplikasi belum belum dikompetisikan pada kontes sejenis baik dalam skala lokal, nasional, regional, maupun internasional.
  3. Pada babak penyisihan, karya yang disetorkan berupa proposal pengembangan aplikasi.
  4. Pada babak semifinal karya yang disetorkan dalam CD, berisi aplikasi (executable), dokumen teknis aplikasi dan video presentasi/demo tentang aplikasi. Video presentasi/demo aplikasi berdurasi paling lama 20 menit.
  5. Dokumen (baik proposal maupun dokumen teknis) ditulis dalam Bahasa Indonesia, font Times New Roman, 11pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman.
  6. Proposal teknis minimal terdiri atas latar belakang, tujuan, relevansi dan pentingnya aplikasi terkait dengan tema lomba, deskripsi fungsional aplikasi dan penjelasan detail fitur, dan rancangan antar muka.
  7. Dokumen teknis minimal terdiri atas latar belakang, tujuan, relevansi dan pentingnya aplikasi terkait dengan tema lomba, deskripsi fungsional aplikasi dan penjelasan detail fitur, rancangan aplikasi dan beberapa screenshot aplikasi.

Tahap dan Prosedur


Secara umum, lomba terdiri atas 3 babak: penyisihan (pengiriman proposal), semi final (pengiriman aplikasi, dokumen teknis, screen shot, dan video), dan babak final (presentasi).
  1. Tahap Pendaftaran (Online, –s.d. 7 Agustus 2012)
    • Peserta mendaftarkan timnya melalui http://gemastik.itb.ac.iddengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, dan softcopy hasil scan kartu mahasiswa.
    • Peserta yang berhasil mendaftar akan mendapatkan account untuk login ke online submission system (yang dapat diakses melalui http://gemastik.itb.ac.id)
  2. Pengiriman Proposal dan Babak Penyisihan (Online, 8 Agustus – 28 Agustus 2012)
    • Peserta mengirimkan Proposal Pengembangan Aplikasi melalui online submission system (yang dapat diakses melalui http://gemastik.itb.ac.id)
    • Proposal Pengembangan Aplikasi minimal terdiri atas lembar judul, abstraksi, daftar isi, latar belakang, tujuan, dan pentingnya/relevansi aplikasi terkait tema, deksripsi aplikasi yang dikembangkan dan penjelasan detail fitur, dan rancangan antar muka.
    • Naskah proposal ditulis dalam font huruf Times New Roman, 11pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman.
  3. Pengumuman Semi Finalis (Online, 1 September 2012)
    • Dua puluh (20) tim dengan proposal terbaik akan dipilih sebagai Semi Finalis untuk mengikuti semi final
    • Pengumuman Semi Finalis dapat segera dilihat pada http://gemastik.itb.ac.id
  4. Babak Semifinal (via Pos, 1 September - 14 September 2012, 13.00)
    • Karya dalam bentuk CD berisi aplikasi (executable), dokumen teknis, dan video tentang aplikasi dikirimkan ke Sekretariat Panitia Gemastik 5 Tahun 2012, Gedung Labtek V Lt. 2, Kampus ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung 40135, paling lambat 14 September 2012 (diterima panitia).
  5. Pengumuman Finalis (Online, 18 September 2012)
    • Sepuluh (10) tim terbaik akan dipilih untuk mengikuti babak final
    • Pengumuman Finalis dapat segera dilihat pada sistem online paling lambat tanggal 18 September 2012 di alamat http://gemastik.itb.ac.id
  6. Babak Final (In person, 10-11 Oktober 2012)
    • Technical Meeting untuk persiapan babak final diadakan di ITB Bandung pada tanggal 9Oktober 2012, pukul 15.00-17.00.
    • Pelaksanaan babak final akan dilaksanakan di ITB Bandung, pada tanggal 10 Oktober 2012
    • Peserta mempresentasikan dan mendemonstrasikan karyanya di hadapan Tim Juri selama maksimal 25 menit, dan dilanjutkan dengan tanya jawab maksimal 15 menit
    • Tim Juri melakukan penjurian dan menentukan pemenang lomba. Hasil penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat digugat.
  7. Pengumuman Pemenang
    • Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara akhir/penutupan Gemastik 2012, pada tanggal 11 Oktober 2012 di ITB Bandung.





Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))