Monday, July 2, 2012

Lomba Pengembangan Aplikasi Permainan

Deksripsi Lingkup

lomba pengembangan game adalah lomba untuk menguji kemampuan mengembangkan aplikasi game, dalam bentuk desktop, mobile maupun web yang bersifat edukasi.

Kriteria

  • Kreativitas.
  • Tingkat edukasi.
  • Level interaksi.

Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah mahasiswa program diploma atau sarjana di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang pada saat pendaftaran masih berstatus resmi sebagai mahasiswa.
  2. Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 2-3 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang ketua Tim.
  3. Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  4. Peserta yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur tanpa pemberitahuan.

Persyaratan Karya

  • Karya perangkat lunak dapat dikembangkan di atas platform mobile, desktop maupun web.
  • Karya dan ide permainan yang dikembangkan adalah asli dari peserta, dan dapat dibuktikan saat presentasi final.
  • Karya perangkat lunak yang disertakan belum pernah memenangkan kejuaraan (baik juara 1, 2, 3 ataupun harapan) pada lomba lain, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tahap dan Prosedur

  1. Tahap Pendaftaran (Online, –s.d 7 Agustus 2012)
    • Peserta mendaftarkan timnya melalui http://gemastik.itb.ac.id dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, dan softcopy hasil scan kartu mahasiswa.
    • Peserta yang berhasil mendaftar akan mendapatkan account untuk login ke online submission system (sistem pengiriman deliverable lomba secara online)
  2. Pengiriman Proposal dan Babak Penyisihan (Online, 8 Agustus – 28 Agustus 2012, pukul 13.00)
    • Peserta mengirimkan Proposal Pengembangan AplikasiPermainan melalui online submission system (sistem pengiriman deliverable lomba secara online, yag dapat diakses melalui http://gemastik.itb.ac.id)
    • Proposal Pengembangan Aplikasi Permainan minimal terdiri atas lembar judul, abstraksi, daftar isi, latar belakang, tujuan, Target pengguna, deskripsi teknologi yang digunakan (platform pengembangan, library eksternal yang digunakan, game engine, sistem operasi, dan sebagainya),Game play, cara permainannya.
    • Naskah proposal ditulis dalam font huruf Times New Roman, 11pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman.
  3. Pengumuman Semi Finalis (Online, 1 September 2012)
    • Dua puluh (20) tim dengan proposal terbaik akan dipilih sebagai Semi Finalis untuk mengikuti semi final
  4. Pengumuman Semi Finalis dapat segera dilihat pada http://gemastik.itb.ac.id
    • Babak Semifinal (via Pos, 1 September - 14 September 2012, 13.00)
    • Karya dalam bentuk CD berisi aplikasi (executable), dokumen teknis, dan video tentang aplikasi dikirimkan ke Sekretariat Panitia Gemastik 5 Tahun 2012, Gedung Labtek V Lt. 2, Kampus ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung 40135, paling lambat 14 September 2012 (diterima panitia).
  5. Pengumuman Finalis (Online, 18 September 2012)
    • Sepuluh (10) tim terbaik akan dipilih untuk mengikuti babak final
    • Pengumuman Finalis dapat segera dilihat pada sistem online paling lambat tanggal 18 September 2012 di alamat http://gemastik.itb.ac.id
  6. Babak Final (In person, 10-11 Oktober 2012)
    • Technical Meeting untuk persiapan babak final diadakan di ITB Bandung pada tanggal 9 Oktober 2012, pukul 15.00-17.00.
    • Pelaksanaan babak final akan dilaksanakan di ITB Bandung, pada tanggal 10 Oktober 2012
    • Peserta mempresentasikan dan mendemonstrasikan karyanya di hadapan Tim Juri selama maksimal 25 menit, dan dilanjutkan dengan tanya jawab maksimal 15 menit
    • Tim Juri melakukan penjurian dan menentukan pemenang lomba. Hasil penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat digugat.
  7. Pengumuman Pemenang
    • Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara akhir/penutupan Gemastik 2012, pada tanggal 11 Oktober 2012 di ITB Bandung.





Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))