Monday, July 2, 2012

Lomba Permainan Bisnis

Deksripsi Lingkup

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagain yang central dalam mendukung proses pengambilan keputusan dalam sebuah operasional bisnis. Sebagai contoh sebuah perangkat lunak dapat digunakan dalam memprediksi kondisi dari pasar sehingga sebuah perusahaan/trader bisa merencanakan pembelian dan penjualan portfolio sesuai dengan kondisi tersebut. Terlebih ada perbagai tool set yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi keputusan bisnis dan simulasi dampak dari sebuah keputusan.
Permainan Bisnis adalah kompetisi mengelola bisnis yang berkaitan dengan aspek perencanaan sebuah strategi perdagangan. Peserta berkewajiban menentukan strategi perdagangan (contoh : Apa dan kapan suatu komoditas harus dibeli atau dijual)dengan memperhatikan situasi pasar dan berbagai macam konstrain yang ada.
Tiap peserta dapat berpartisipasi pada 2 kategori : manual dan agen otomatis, Pada kategori manual keputusan bisnis dilakukan langsung oleh peserta, sedangkan untuk kategori agen otomatis analisis data dilakukan olah sebuah piranti lunak agen. Pada lomba ini sistem menyediakan sejumlah data yang dapat dieksplorasi untuk memprediksi situasi pasar, dan secara periodik data tersebut berubah menggambarkan kondisi pasar yang terjadi saat itu. Metoda-metoda analisis yang umumnya dipergunakan dalam dunia nyata dapat diaplikasikan untuk menghasilkan keputusan yang tepat.
Tujuan akhir pengelolaan bisnis dalam permainan ini adalah memenangkan persaingan pasar yang bermuara pada aspek finansial, yaitu besarnya uang yang dimiliki pada akhir permainan; serta ketangguhan dan agility dari sebuah strategi bisnis dalam menghadapi ketidak tentuan pasar.


Kriteria

Karya akan dinilai dari berbagai askpek (dan tidak terbatas) :
  • Hasil dari strategi bisnis 
  • Level of analytics yang digunakan 
  • Effectiveness, Efficiency, Robustness& agility dari strategi bisnis 
  • Kekompakan tim

Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah mahasiswa program diploma atau sarjana di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang pada saat pendaftaran masih berstatus resmi sebagai mahasiswa.
  2. Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 2-3 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang ketua Tim.
  3. Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  4. Peserta yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur tanpa pemberitahuan.

Tahap dan Prosedur

  1. Tahap Pendaftaran (Online, s.d. 7 Agustus 2012)
    • Peserta mendaftarkan timnya melalui http://gemastik.itb.ac.id dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, dan softcopy hasil scan kartu mahasiswa.
    • Peserta yang berhasil mendaftar akan mendapatkan login, via email, untuk masuk ke sistim online lomba
  2. Tahap Penyisihan (Online, 13-17 September 2012). Tahap ini dilaksanakan secara remote melalui sistem online lomba.
    • Seluruh tim dijadwalkan untuk melakukan permainan pada babak penyisihan yang akan ditentukan oleh panitia. 
    • Semua tim akan diurutkan berdasarkan jumlah total hasil yang dimiliki. 
    • Apabila terdapat tim yang memiliki jumlah uang sama, maka panitia mempunyai hak prerogatif dalam menentukan urutan. 
  3. Pengumuman Finalis (Online, 18 September 2012)
    • Dari Babak Penyisihan akan dihasilkan 10 (sepuluh) tim dengan peringkat teratas, yang akan diundang untuk mengikuti babak kompetisi selanjutnya, yaitu Babak Final Lomba Permainan bisnis. 
    • Tim kontestan finalis diwajibkan menyampaikan secara online melalui http://gemastik.itb.ac.id konfirmasi kehadirannya dalam acara puncak geMasTIK di Kampus ITB Bandung.
  4. Tahap Final (11 Oktober 2012). Tahap Final akan terdiri dua putaran:
    1. Putaran I
      • Selama putaran I, peserta dapat menggunakan computer dan alat bantu yang membantu proses pengambilan keputusan dan penyusunan strategi perdagangan.
      • Tidak diperkenankan menggunakan peralatan komunikasi (handphone, internet dan modem wifi).
      •  Kriteria penilain serupa dengan Tahap penyisihan
    2. Putaran II
      • 5 (lima) tim dengan peringkat teratas harus mempresentasikan semua hal yang dilakukan dalam menentukan strategi bisnis yang digunakan pada Putaran I.
      •  Presentasi akan dilakukan didepan panel juri yang akan mereview dan mengkritisi strategi bisnis yang telah diambil pada Putaran I


Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))