Monday, July 2, 2012

Lomba Pemrograman

Deksripsi Lingkup

Lomba pemrograman adalah lomba untuk menguji kemampuan sistematika dan nalar peserta lomba dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan dengan program dalam bahasa pemrograman yang ditentukan. Program dikembangkan dalam jangka waktu yang dibatasi. Waktu eksekusi dan penggunaan memori oleh program dibatasi dalam jangka waktu/alokasi memori yang ditentukan.


Kriteria

  1. Kebenaran solusi/program.
  2. Waktu eksekusi.
  3. Alokasi memori.
  4. Lamanya peserta menyelesaikan persoalan.

Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah mahasiswa program diploma atau sarjana di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang pada saat pendaftaran masih berstatus resmi sebagai mahasiswa.
  2. Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 2-3 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang ketua Tim.
  3. Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  4. Peserta yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur tanpa pemberitahuan.

Tahap dan Prosedur

Secara umum, lomba terdiri atas 2 babak: penyisihan (pengiriman proposal) dan babak final.
  1. Tahap Pendaftaran (Online, –s.d. 7 Agustus 2012)
    • Peserta mendaftarkan timnya melalui http://gemastik.itb.ac.id dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, dan softcopy hasil scan kartu mahasiswa.
    • Peserta yang berhasil mendaftar akan mendapatkan account untuk login ke online system (sistem untuk pelaksanaan lomba, yang alamatnya akan dimumkan di http://gemastik.itb.ac.id)
  2. Babak Penyisihan (Online, 17 – 18 September 2012)
    • Babak penyisihan terdiri atas dua tahapan
      1. Tahap pertama (pemanasan) dilaksanakan 17 September 2012, 10.00-11.30. Tahap pemanasan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk membiasakan diri mengoperasikan system online lomba. Pada tahap pemanasan, kepada peserta diberikan beberapa soal untuk diselesaikan dan disubmit. Penilaian pada tahap pemanasan tidak dipergunakan untuk menentukan pemenang lomba.
      2. Tahap kedua (penyisihan) dilaksanakan tanggal 18 September 2012, 10.00-13.00.
    • Peserta disarankan bersiap di tempat online (warnet, laboratorium, access point PT) 10 menit sebelum lomba dilaksanakan. Kegagalan akses dan keterlambatan peserta menjadi tanggung jawab peserta sendiri.
  3. Pengumuman Finalis
    • 20 tim terbaik akan dipilih sebagai Finalis untuk mengikuti babak final
    • Pengumuman Finalis dapat beberapa saat segera dilihat setelah pelaksanaan babap penyisian pada alamat http://gemastik.itb.ac.id Babak Final (In person, 10 Oktober 2012)
    • Pelaksanaan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2012, pukul 9.00-12.00 di ITB Bandung, Pengumuman Pemenang
    • Pengumuman Pemenang akan dilaksanakan pada acara akhir Gemastik 2012, pada tanggal 11 Oktober 2012 bertempat di ITB Bandung



Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))